Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 23 Oktober 2015

KIAT SOSIALISASI ASEAN COMMUNITY 2015 MAHASISWA HI UMM

0 komentar
Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada setiap pembaca yang berkenan membaca artikel kami, karena dengan menyempatkan membaca, berarti anda telah membantu penelitian dan menyelesaikan project kerja kami dalam mengampu mata kuliah Organisasi dan Adminstrasi Internasional. Sebenernya apa sih ASEAN Community itu? ASEAN Community 2015 merupakan tempat dimana kesepuluh negara anggota ASEAN berkumpul menjadi satu dan membentuk komunitas kerja sama demi kehidupan yang lebih baik bagi seluruh warga ASEAN. Selain itu, ini merupakan ajang dimana masyarakat dari setiap anggota ASEAN bersaing untuk memperebutkan peluang dari seluruh negara ASEAN tanpa dibatasi apapun. Tidak pandang bulu, setiap warga yang ingin bekerja, sekolah, bisnis, berobat dimana saja yang ia inginkan dapat tercapai asal mampu bersaing dengan kompetitor lain, selain sebagai peluang komunitas ASEAN ini juga dapat dikatakan sebagai tantangan, karena jika tidak memiliki kemampuan cukup maka akan tersingkir oleh kompetitor negara ASEAN lain. Namun sungguh sangat disayangkan, masyarakat dan generasi muda Indonesia sebagai salah satu pemimpin masa depan di ASEAN, ternyata belum memiliki kesadaran akan peran mereka dalam ASEAN. Hal ini lebih dikarenakan minimnya informasi yang mereka peroleh seputar kegiatan ASEAN, maupun jangkauan kegiatan ASEAN yang kurang banyak menyentuh generasi muda di Indonesia. Karena itu, diperlukan kegiatan komunikasi yang intensif dan efektif mengenai ASEAN demi tercapainya ASEAN Community 2015. Untuk berlangsungnya komunikasi yang efektif dari ASEAN kepada generasi muda, maka salah satu proses yang digalakkan adalah sosialisasi. Oleh karena itu, demi menyongsong ASEAN Community tahun depan mahasiswa prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM bertekad untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya bagi setiap lapisan masyarakat Indonesia melalui sosialisasi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ASEAN Community di kalangan masyarakat dan generasi muda usia sekolah menengah, melalui kunjungan ke SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Setidaknya satu SMP, satu SMA dan satu organisasi masyarakat mendapatkan pengenalan mengenai ASEAN yang akan disampaikan dalam format yang lebih populer sehingga mudah diterima oleh masyarakat dan anak muda. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ASEAN sebagai  community  atau masyarakat,  menumbuhkan rasa sebagai warga ASEAN (we-feeling) dan semangat ASEAN di kalangan generasi muda Indonesia, meningkatkan partisipasi aktif generasi muda di ASEAN. Pengetahuan generasi muda tentang ASEAN yang kebanyakan didapat dari pelajaran disekolah dirasa kurang. Apalagi sebenarnya ada banyak program-program di bidang pendidikan yang ditujukan untuk generasi muda yang dapat dimanfaatkan. Seperti misalnya program beasiswa ke berbagai universitas-universitas yang menjadi anggota ASEAN dan merupakan suatu kesempatan baik yang mungkin dapat di raih oleh siswa/i apabila mereka didukung dengan informasi yang tepat. Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional FISIP UMM memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini dengan pemutaran film ‘ASEAN Community2015’, pengenalan tentang ASEAN dalam bentuk slide show/ power point dan mitra wicaranya beserta aktivitasnya dalam bentuk dialog dan simulasi, diskusi dan games interaktif bertema peran dan ruang bagi generasi muda di ASEAN serta kontribusi generasi muda terhadap ASEAN dan lingkungan sekitar mereka. Melalui sosialisasi ke empat sekolah ini, diharapkan pengetahuan akan ASEAN bertambah demi suksesnya ASEAN Community 2015. Namun apakah program Sosialisasi ASEAN ini dapat dikatakan efektif bagi peserta yang mengikutinya, mengingat durasi program acara ini terbilang singkat dan hanya satu kali diadakan. Apalagi metode yang digunakan untuk mensosialisasikan ASEAN terbilang sama untuk setiap tempat yang dikunjungi. Melalui sosialisasi ke sekolah dan lembaga masyarakat ini, diharapkan pengetahuan akan ASEAN bertambah demi suksesnya ASEAN Community 2015. Dengan sosialisasi ini setidaknya diharapkan masyarakat Indonesia tahu tentang ASEAN Community 2015 dan menyambutnya dengan penuh kesiapan sebagai bukti bahwa kita mampu bersaing dengan warga Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei, Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Myanmar lain yang datang ke Indonesia atau saat kita mencari peluang kesana. Dapat dilihat bahwa kenyataan di lapangan sebagian besar tenaga kerja negara asing ASEAN yang berada di Indonesia adalah berasal dari Malaysia kemudian disusul oleh Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina. Hal itu menunjukkan bahwa minat tenaga kerja asing di Indonesia cukup banyak dan akan terus bertambah dengan ASEAN Community mendatang. Oleh karena itu, tanpa kesiapan yang matang bisa saja seluruh sektor peluang pekerjaan di Indonesia akan diambil oleh warga ASEAN lain, tidak hanya itu kesempatan-kesempatan yang seharusnya dapat kita miliki dengan mudah tahun ini maka akan menjadi sulit karena kalahnya kita dalam ajang saingan yang semakin ketat ini. Untuk itu, sebagai penerus bangsa ini apa yang seharusnya kita lakukan agar Indonesai tidak dianggap remeh dan mampu bersaing? Dengan belajar bersungguh-sungguh dan mengembangkan setiap bakat dan potensi sesuai dengan apa yang telah dimiliki masyarakat Indonesia, maka kami yakin bahwa kelak ketika tahun 2015 datang dan ASEAN Community sudah diberlakukan kita tidak akan tersingkir oleh kompetitor negara ASEAN lain dan bahkan mampu menguasai sektor-sektor ekonomi di negara mereka. Jiayou Indonesia!!!



Terima kasih, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar