Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 10 Oktober 2013

Bukan sekedar ampas

0 komentar
Kebutuhan energi sangatlah pokok bagi kehidupan seiring dengan pertumbuhan penduduk, pengembangan wilayah, dan pembangunan negara dari tahun ke tahun yang semakin banyak, sehingga kebutuhan akan bahan bakar nasional pun ikut meningkat. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan penduduk Indonesia semakin tak terkendali, hal ini menyebabkan kebutuhan energi nasional akan semakin meningkat. Keadaan ini bisa diamati dari semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor disetiap wilayah, disisi lain akibat bertambahnya jumlah kendaraan bermotor dapat mengakibatkan kemacetan di kota-kota besar padatpendudukmisalnya Malang. Apabila pola konsumsi masyarakat seperti itu maka dalam jangka waktu 50 tahun kedepan cadangan minyak akan habis. Oleh karena itu, sekarang saatnya Indonesia memutuskan kebergantungan pada sumber energi fosil yang sifatnya tidak dapat diperbarui dan beralih ke sumber energi alternatif  lain yang bersifat dapat diperbarui.
Biodiesel merupakan salah satu energi yang dapat diperbarui, karena ia diperoleh dari minyak hewani dan minyak nabati. Dengan menggunakan minyak-minyak tersebut biodiesel menjadi mirip petrodiesel, tetapi memiliki energi pembakaran lebih tinggi sehingga proses pembakaran menjadi lebih efisien dan lebih sempurna. Oleh karena itu, gas buangannya pun tidak berbahaya, bersih dan ramah lingkungan. Selain itu, dengan biodiesel mesin lama yang menggunakan bahan bakar fosil tidak perlu dimodifikasi. Ini dapat menambah nilai ekonomis bagi pemakainya.
Indonesia merupakan negara tropis dengan kekayaan alam berlimpah sehingga sangat berpotensi menghasilkan minyak nabati sebagai sumber biodiesel salah satunya ialah biji kopi. Selama ini kopi di Indonesia hanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kopi bubuk, dan setelah dipakai limbahnya langsung dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi. Padahal kalau diteliti lebih lanjut, limbah kopi dapat dijadikan bahan baku biodisel karena mengandung minyak dan molekul trigleserida sebesar 81,3 %.
Tanaman kopi mulai dapat memberikan hasil yang tinggi ketika umur 8 tahun, jika dipelihara dengan baik tanaman kopi dapat menghasilkanbuah selama 15-18 tahun. Untuk perkebunan kopi bila dirawat dengan baik dapat menghasilkan produksi 1000-1500 kg per Ha. Sedang tanaman kopi rakyat hanya menghasilkan 400-600 kg per Ha.( Sadjad, Sjamsoe’oed. 1992. Empat Belas Tanaman Untuk Agro-Industri. Jakarta : Balai Pustaka )
Ampas kopi merupakan sisa barang yang telah diambil sari atau patinya. Ampas kopi dapat diperoleh dari hasil endapan kopi yang telah diseduh, ampas kopi berupa padatan yang pada umunya tidak bernilai apa-apa, karena dianggap sebagai sampah biasa yang tidak berguna. Dalam bahasa jawa ampas kopi lebih dikenal dengan sebutan“letek”, bagi kaum laki-laki ampas kopi biasanya dipakai sebagai teman pelengkap rokok.
        Biodiesel ampas kopi merupakan salah satu bahan bakar energi alternatif dan pencarian sumber energi terbaru yang terus digali dari berbagai sumber oleh para peneliti bidang energi. Apapun dilakukan, bahkan juga dari bahan-bahan bekas semacam ampas kopi yang tadinya tidak dilrik sama sekali. Konsep murah, ramah lingkungan dan berkualitas tinggi itulah yang dicari oleh para peneliti saat ini.
Hal itu telah dibuktikan oleh salah satu dari University of Nevada yang telah berhasil membuat bahan bakar biodiesel dari ampas kopi. Untuk kelancaran penelitiannya konon Misra bekerjasama dengan salah satu kedai kopi. Hal yang sesungguhnya bisa diterapakan di Indonesia mengingat Indonesia begitu banyak warung kopi. Meskipun terbuat dari olahanl imbah biodiesel ampas kopi memliki banyak kelebihan dibandingkan petrodiesel. Tidak seperti biodiesel pada umunya yang tidak memilki aroma khas. Biodiesel ampas kopi memberikan aroma yang harum layaknya kopi yang baru diseduh, dan biodiesel yang dihasilkan pun awet. Hal ini disebabkan karena biodiesel dari kopi memiliki daya tahan tinggidaripotensioksidas.Kandungan asam klorogenik yang terkandung didalam kopi cukup tinggi sehingga bahan ini menjadikan biodiesel yang berasal dari ampas menjadi relatif lebih tahan lama dibanding dengan biodiesel yang dicampur dengan minyak bumi sekalipun.



0 komentar:

Posting Komentar